Definisi Algoritma

Asalamualaikum arek-arek surabaya, bagaimana kabar kalian semua? pastinya baik-baik saja kan. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu algoritma dan bagaimana cara membuatnya. Oke, langsung saja monggo disimak.

ALGORITMA
Algoritma merupakan kumpulan langkah-langkah instruksi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Algoritma tidak bisa menyelesaikan suatu masalah, Tetapi algoritma memberikan serangkaian langkah-langkah yang jika di jalankan dengan benar maka akan menghasilkan solusi dari masalah yang ada.

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering dan selalu menggunakan algoritma tetapi kita tidak begitu menyadarinya dan memikirkan setiap langkah dalam algoritma secara urut. Misalnya kita akan membuat secangkir kopi, Maka langkah-langkah intruksi yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:

langkah 1 : Siapkan kopi bubuk, Gula pasir, Air panas dan cangkir terlebih dahulu
langkah 2 : Masukkan kopi dan gula pasir telebih dahulu kedalam cangkir
langkah 3 : Kemudian tuangkan air panas dan aduk sampai gula dan gula tercampur rata
langkah 4 : Tunggu sampai kopi siap di hidangkan

Suatu algoritma dikatakan benar(valid) apabila setiap langkah-langkah memenuhi kritetia berikut ini :
1. bahasa yang di gunakan tidak ambigu
2. dapat dijalankan
3. langkah-langkahnya terurut dengan baik

Dalam bidang informatika, Algoritma merupakan sarana seseorang untuk mengkomunikasikan gagasan kepada komputer, Agar komputer dapat membantu orang tersebut dalam menyelesaikan persoalan dalam dunia nyata.

Dengan demikian Algoritma dapat di definisikan sebagai urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah yang nantinya akan di implementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman.

Program komputer memiliki tiga komponen dasar yaitu sebagai berikut :
> INPUT
> PROSES
> OUTPUT

INPUT adalah proses untuk memasukkan data kedalam komputer melalui device(alat input/masukkan)yang ada. Alat inputnya misalnya : Keyboard, Mouse, Scaner dll.
PROSES adalah mengolah data yang di inptkan dengan menerapkan metode-metode, Teknik-teknik, Algoritma-algoritma yang sudah ada. Proses ini menghasilkan data outputan yang akan diberikan kepada pengguna program.
OUTPUT adalah proses untuk menampilkan data yang telah diolah, Malaorkan hasil pengolahan data melalui alat output, seperti : Monitor, Printer dll. 

CONTOH
Membuat algoritma untuk menghitung luas segitiga

Algoritmanya :
1. Mulai
2. Input alas, tinggi segitiga
3. Hitung luas segitiga
                      Luas = 0,5  * Alas* Tinggi
4. Cetak hasil luas segitiga
5. Selesai

Nah, sekian dari saya semoga postingan saya tentang algoritma kali ini dapat bermanfaat bagi anda semua, jika ada salah kata dalam postingan saya  kali ini maka saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya. akhir kata saya ucapkan wasalamualaikum wr. wb.

SAMPEK KETEMU MANE REK.....SALAM SATU NYALI!!!  WANI!!!

HIDUP MAHASISWA INDONESIA...
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pendidikan dengan judul Definisi Algoritma. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aminshare.blogspot.com/2012/09/definisi-algoritma.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 25 September 2012

Belum ada komentar untuk "Definisi Algoritma"

Posting Komentar